lesson plan Orienteering untuk siswa SMU



# 1 Pengantar orienteering dan Peta orienteering

WAKTU : 90  menit in class
Tujuan Pelajaran:
Menjelaskan olahraga orienteering.
• Menjelaskan manfaat belajar orienteering.
Sejarah orienteering itu.
• Mengidentifikasi bagian-bagian dan simbol di peta orienteering.

Alat  bantu:
• Berbagai jenis peta topo (
RBI, LCO, AMS, dll), jika tersedia
• IOF peta orienteering standar (1 per siswa)
alat bantu Visual untuk menggambarkan kontur dan interval kontur, jika tersedia
• Papan tulis, kapur
• Kartu indeks dengan simbol legenda peta &
control Description

Instruksi: Definisi orienteering (15’)
• Orienteering adalah kegiatan outdoor yang menantang menggunakan peta topografi terperinci dan kompas untuk menavigasi melalui dataran dan menemukan serangkaian medan atau fitur buatan manusia ditunjukkan pada peta. Orienteering adalah olahraga kompetitif yang berasal sebagai latihan militer di Skandinavia pada tahun 1900-an.
• Orienteering adalah kegiatan rekreasi memotivasi, yang meningkatkan cinta alam bebas dan mempromosikan kesadaran lingkungan. Itu cocok dengan tujuan akademik dari kurikulum, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan kebugaran fisik. Semua tingkat kemampuan dapat bersaing di acara lokal, regional dan nasional.

Instruksi: Sejarah orienteering (15’)
Guru harus pergi berikut ini dengan tujuan memberikan siswa perspektif sejarah perkembangan orienteering dari awal militer.
• 1886 - The "orienteering" istilah telah digunakan oleh militer berarti melintasi wilayah yang tidak dikenal dengan bantuan peta dan kompas.
• 1897 - pertama orienteering dunia kompetisi publik diselenggarakan di Norwegia.
• 1919 - Mayor Ernst Killander Swedia merancang kompetisi lintas-negara di mana pelari tidak hanya berlari saja tetapi harus memilih rute mereka sendiri dengan menggunakan peta dan kompas. Ia dianggap sebagai "Bapak orienteering"
• 1941-1943 - orienteering acara diadakan di Dartmouth College, yang diselenggarakan oleh Finlandia perwira militer Piltti Heiskanen.
• 1946 - Bjorn Kjellstrom dari Swedia, co-penemu dari jenis busur derajat, cairan-teredam kompas magnetik, pindah ke AS dan terorganisir banyak kompetisi, yang pertama dari peristiwa itu diadakan di State Park di Indiana Dunes.
• 1961 - Federasi Orienteering Internasional dibentuk.
• 1989 – orienteering mulai diperlombakan di Indonesia
2001 – Federasi Orienteering Nasional Indonesia di deklarasikan di Solo bersamaan dengan Lomba Orieenteering Brahmahardhika (LOB IX)

Instruksi: Peta orienteering (60’)
Bagikan peta orienteering kepada siswa. Jelaskan bagaimana sebuah peta topografi menunjukkan bentuk fitur medan dan rinci yang tidak umum ditemukan di peta lainnya. Jika memungkinkan, ada berbagai jenis peta topo (
RBI, LCO, AMS, dll), untuk perbandingan.
Skala - Mintalah siswa menemukan 1:, 000 skala pada peta orienteering??. Jelaskan skala yang menunjukkan hubungan ukuran peta ke bumi. Tunjukkan skala bar dan bahwa itu digunakan bersama dengan penguasa kompas 'untuk mengukur jarak yang akan ditempuh.
Interval Kontur - Apakah siswa menemukan interval kontur pada peta orienteering. Jelaskan bahwa interval kontur adalah perubahan ketinggian antara garis kontur. Jika siswa tidak akrab dengan garis kontur, menjelaskan bagaimana garis elevasi menunjukkan kecuraman dan bentuk medan. Model visual atau gambar sangat membantu untuk menggambarkan konsep atau menggambarkan di papan tulis.
Legenda - Tunjukkan bagaimana acara orienteering legenda peta yang simbol yang digunakan pada peta. Mintalah seorang siswa menemukan beberapa fitur pada peta dan mengidentifikasi mereka menggunakan legenda peta.
Magnetic utara garis - Tunjukkan garis paralel dengan panah kecil menunjuk ke arah Utara magnetik pada peta.
• Warna - Perhatikan dan menjelaskan warna pada peta orienteering:
o Biru - fitur air
o Hitam - fitur rock dan buatan manusia fitur
o Putih - normal, hutan terbuka
o Hijau - vegetasi tebal, warna & pola menunjukkan jenis
o Kuning - tidak berhutan tanah, warna & pola menunjukkan jenis
o Brown - alam non-rock fitur dan garis kontur

Latihan: Peta
O
Penilaian:
 siswa harus bisa menulis deskripsi singkat tentang orienteering dan mengidentifikasi simbol peta 10, skala, interval kontrol dan garis-garis magnetik utara pada peta.

1 comment:

jahmiesabio said...

Playtech games list | MrDMC
New Slot Games · NetEnt Games · Playtech 통영 출장샵 · Playtech 제천 출장마사지 · Playtech · Playtech · Playtech · 광주 출장마사지 Playtech · Playtech · 의왕 출장샵 Playtech · Playtech · Playtech · 전주 출장샵 Playtech · Playtech.