Latihan Orienteering Di Kampus UNS

pada hari minggu tanggal 25 Maret 2012 diadakan Latihan Orienteering bersama dengan penggiat Orienteering di Surakarta. latihan ini digagas oleh Sragen Orienteering Club dan Orienteering Karanganyar. latihan ini bertujuan sebagai wahana latihan bagi penggiat Orienteering di solo. selain itu juga sharing ilmu dan pengalaman di bidang Orienteering. latihan pada hari minggu tanggal 25 Maret 2012 diikuti kurang lebih 30an peserta dari berbagi organisasi, diantaranya dari Dinamik UMS, Metala UMS, Atwapala ATW, MEPA UNS, Brahmahardhika UNS, dan dari Karanganyar dan Sragen.
adapun lokasi ini dipilih dikarenakan kampus UNS memiliki terrain yang bervariasi lengkap dengan perbedaan elevasinya. disamping itu kemudahan akses dan ketersediaan Base map untuk dibuat peta O juga menjadi pertimbangan.

latihan menggunakan peta Orienteering UNS. ada 2 peta yang digunakan. yang pertama adalah peta section Stadion dan MIPA. yang digunakan untuk materi map reading. dan yang kedua menggunakan peta FKIP dari Julian Manoppo yang digunakan untuk simulasi spirnt O.
pada sesi Map Reading, peserta diajak berjalan-jalan, masing,masing 2 orang dengan membawa satu peta. dimana tiap orang akan membuat jalur sambil memperhatikan kondisi medan dan peta, peserta lainnya mengarah ke tujuan yang dimaksud. latihan ini dimaksudkan agar peserta lebih familier terhadap peta Orienteering. hal ini dikarenakan selama ini even-even orienteering masih banyak yang menggunakan peta topografi.

pada sesi 2 diadakan simulasi sprint O dengan menggunakan peta O. sesi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan sprint O kepada peserta. beberapa hasil evaluasi dari sesi ini diantaranya belum semua peserta mampu mengambil titik kontrol secara berurutan. hal ini mungkin dikarenakan para peserta masih terbiasa dengan sistem Score Event.
pada latihan ini, area stadion digunakan belajar map reading terlebih dahulu, sehingga peta dicetak dengan skala 1 : 7500. hal ini agar peserta lebih mudah dalam melakukan pembacaan peta.
harapannya untuk latihan selanjutnya peta section Stadion bisa digunakan untuk simulasi.