TIPS RELAWAN SEBELUM BERANGKAT RESPONS

TIPS RELAWAN SEBELUM BERANGKAT RESPONS

Bencana bisa terjadi kapan saja tanpa pemberitahuan. Emang bencana bisa dijadwal?... Menjadi relawan penanggulangan bencana bukan hanya sekedar datang ke lokasi pada saat terjadi bencana. Tapi juga perlu persiapan dan perencanaan. 

Kamu harus selalu redi alat pengaman diri yang sewaktu waktu bisa kamu pake saat respons. Jangan sampe kamu berangkat respons, apalagi mau evakuasi tapi gak punya alat pengaman diri. Siapin mulai dari pelindung kaki hingga pelindung kepala. Jangan Cuma berangkat respons bawa sendok garpu aja yaa. Sangat dianjurkan bawa perlengkapan pribadi, seperti logistik, perlengkapan untuk tidur, mandi dll. Di lokasi bencana kondisinya serba terbatas, jadi jangan pernah berharap dapat fasilitas yang mewah. Makan, tidur seadanya.

Sebelum berangkat, cari informasi kualifikasi relawan apa yang dibutuhkan. Pernah nih gaes saya nemuin pada saat terjadi longsor, relawan yang daftar jadi tim evakuasi banyaknya minta ampun. Semua pengen terjun lapangan menjadi tim evakuasi. Padahal saat itu posko sangat membutuhkan relawan di sektor lain seperti di dapur umum, logistik dan shelter. Lagipula luasan longsor sudah penuh dengan tim evakuasi. Selain itu kamu juga harus siap jika sewaktu waktu mendapat tugas lain. Misal kamu relawan bagian evakuasi, trus mendapat tugas untuk ngurusin logistik. 

Rencanakan mau berapa lama kamu respons. Pastikan durasinya, kapan berangkat dan kapan pulang. Bisa sehari, seminggu, sebulan ato setahun. Jangan lupa pamit sama orang rumah, biar gak dicariin. Jika kamu harus ninggalin kerjaan jangan lupa ijin. Bisa bisa pulang respons kamu di pecat gara gara gak masuk kerja tanpa ijin. Selesaiin semua tugas dan tanggungan dirumah, misal tugas kuliah, tugas kerjaan. Kalo punya tanggungan seperti bayar air, bayar listrik pastikan dibayar. Jangan sampe pulang respons listrik kamu disegel PLN gara gara nunggak. Demikian juga yang punya tanggungan kredit. Jangan sampe kamu dikejar kejar debt collector sampe ke lokasi bencana. Bagi yang sudah berkeluarga, pastikan keluarga dirumah aman saat ditinggal. Pastikan anak istri bisa makan. Kalo kamu mau respons lama tinggalin foto kamu biar anak istri gak lupa wajahmu. Buat yang jomblo, kamu cukup ninggalin kenangan sama mantan aja.

Selanjutnya laporkan kedatanganmu ke posko. Sampaikan kualifikasi, masa tugas dan informasi lain yang dianggap perlu. Jangan sampe kamu menjadi relawan yang datang tanpa koordinasi, kecuali kalo kamu Cuma mau datang trus Cuma poto selfie di lokasi bencana. Amit amit deh.  Selama bertugas harus selalu jaga kesehatan, atur pola kerja. Ingat kamu berangkat sebagai relawan bukan sebagai superman yang bisa bantu apa aja. Kalo capek istirahat. 

Demikian sedikit tips relawan sebelum berangkat respons, sangat dianjurkan temen temen bisa nambahin.

No comments: