trekking

air terjun brahmonoAIR TERJUN BRAHMONO, KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI KAKI GUNUNG LAWU



Air terjun ini terletak di sisi sebelah selatan gunung Lawu tepatnya berada diantara gunung Jobolarangan dan gunung Mongkrang. Berada disebuah cekungan di ketinggian 2000mdpl.
Jalan menuju air terjun ini sebenarnya tidaklah berat, hanya saja jalur jalan setapak sudah tidak terlihat tertutup semak. Sehingga untuk mencapai air terjun ini butuh tenaga untuk membuka semak yang menutup jalan. Belum lagi banyak pohon tumbang yang menutup jalan sehingga kadang harus melompati dan merunduk untuk melaluinya.
Air terjun ini dapat dicapai dari desa Tlogodlingo tepatya sebelum pos pendakian cemoro kandang. Dari desa ini berjalan menuju lembah mrutu sekitar satu  jam. Di lembah mrutu ini biasanya digunakan untuk flying camp karena lokasinya yang datar dan vegetasinya yang cukup rapat. Dari lembah mrutu perjalanan berlanjut ke arah selatan menyisiri lereng. Perjalanan dari mrutu sampai air terjun sekitar 3.5 jam. Dalam kondisi normal mungkin bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Ini karena sepanjang perjalanan harus membuka jalur yang sudah tertutup semak. Sepanjang perjalanan akan melalui hutan heterogen dengan vegetasi yang rapat.
Perjalanan pulang ditempuh lebih cepat. Hal ini dikarenakan jalur sudah terbuka sehingga tidak perlu melakukan pembukaan jalur. Perjalanan pulang dari air terjun ke mrutu ditempuh sekitar 2 jam. Dari mrutu sampai desa tlogodlingo sekitar 1 jam.

No comments: